Selasa, 17 April 2012

Trik Microsoft Office Word 2007





Trik Microsoft Office Word 2007 : Enkripsi Dokumen Dengan Password
Anda sering mengetik dokumen-dokumen rahasia dengan Microsoft Word, khususnya Word 2007. Dokumen rahasia tersebut hendaknya di-enkripsi dengan password agar tidak dapat dibuka oleh orang lain. Gunakan password yang terdiri dari kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan simbol. Supaya lebih kuat, password seharusnya berisi minimal delapan karakter. Untuk mengenkripsi dokumen dengan password, lakukan langkah berikut:
1. Buka dokumen penting anda yang ingin di-enkripsi dengan password.
2. Klik Office Button yang ada di sudut kiri atas jendela Microsoft Word 2007.
3. Pilih Prepare, kemudian klik Encrypt Document.
4. Pada kotak dialog Encrypt Document, tepatnya pada boks Password, ketikkan password yang anda inginkan. Anda bisa mengetik sampai 255 karakter. Secara default, fitur ini menggunakan enkripsi 128-bit. Kemudian, klik OK.
5. Pada kotak dialog Confirm Password, di boks Reenter password, ketik lagi password yang anda buat tadi, dan kemudian klik OK.
6. Kemudian simpan file anda.


Trik di atas merupakan trik bagaimana caranya orang lain tidak bisa membuka dokumen rahasia anda. Nah, sekarang bagaimana caranya orang lain tersebut tidak bisa membuka serta mengubah-ubah isi dokumen rahasia anda. Begini triknya:
1. Klik Office Button yang ada di sudut kiri atas jendela Microsoft Word 2007. Kemudian klik Save As.
2. Muncul kotak dialog Save As, kemudian klik tombol Tools, dan kemudian klik General Options.
3. Kemudian muncul kotak dialog General Options. Pada boks Password to open telah terisi password yang anda buat pada trik yang pertama kali di atas. Pada boks Password to modify, isikanlah password yang berbeda yang bertujuan untuk membuat orang lain tidak dapat mengubah isi dokumen rahasia anda.
4. Jika Anda tidak mau orang lain tersebut mengubah dokumen rahasia Anda secara sengaja, berikan tanda centang pada Read-only Recommended (pada waktu membuka file, mereka akan ditanya apakah ingin melihat file saja), kemudian klik OK.
5. Kemudian muncul kotak dialog Confirm Password, masukkan password yang anda buat di boks Password to modify pada langkah ke-3, kemudian klik OK.
6. Pada kotak dialog Save As, klik Save. Jika ditanya, klik Yes untuk menimpa dokumen existing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar